Bisnis Kos: Sangat Menjanjikan

Apa yang Anda pikirkan apabila mendengar kata “bisnis tanah”? Jual-beli tanah, penyewaan bangunan / ruko, ataupun bisnis kos. Berbagai usaha yang merupakan lingkup bisnis tanah memang sangat menggiurkan. Bisnis tanah sendiri telah menjadi bentuk investasi sejak dahulu, bahkan orang jawa memiliki istilah “emas ireng” untuk investasi lahan. Beberapa diantara jenis bisnis tanah yang sedang naik daun saat ini adalah bisnis kos. Perkembangan daerah perkotaan yang sangat pesat menjadi indikator bahwa bisnis kos akan menjadi bisnis menguntungkan saat ini sampai beberapa waktu mendatang. Sekarang banyak pembangunan masif berupa sekolah / universitas, mall, pabrik, dan perkantoran di hampir semua daerah di Indonesia.

 

Dengan masifnya pembangunan daerah perkotaan tersebut pasti akan menarik penduduk luar kota untuk bersekolah ataupun bekerja di perkotaan. Hal itu akan menimbulkan peningkatan jumlah penduduk yang pastinya akan membutuhkan tempat tinggal. Untuk itu, sebagai orang yang cerdas dalam berinvestasi tentunya terbuka peluang besar bahwa bisnis kos adalah bisnis yang sangat menggiurkan. Mengapa salah satu jenis bisnis tanah ini sangat menggoda? Tentunya karena keuntungan yang luar biasa. Bisnis kos memiliki filosofi modal sekali untung berkali – kali. Selain itu, ada beberapa hal mengapa bisnis kos sangat menggoda. Simak uraian alasan menggoda untuk bisnis kos di bawah ini:

 

1.Permintaan yang Sangat Tinggi

Kebutuhan akan rumah kos selalu meningkat setiap tahun. Hal ini disebabkan pangsa pasar bisnis kos, yakni mahasiswa dan karyawan memang selalu bertambah. Inilah yang mengakibatkan bisnis kos menjadi bisnis yang bisa mendapat profit maksimal. Lokasi di sekitar kampus atau pusat bisnis adalah lokasi yang sangat dibidik oleh semua penyewa kos.

 

2.Pendapatan Rutin Jangka Panjang

Pendapatan dari bisnis kos bersifat rutin dan jangka panjang. Sebab tiap bulan / termin waktu yang ditentukan Anda bakal menerima penghasilan dari hasil sewa kos. Jangka waktu sewa kos juga lumayan lama, dapat mencapai beberapa tahun. Hal ini diakibatkan karena mayoritas penyewa kos ialah mahasiswa yang merantau dari kota lain. Selama penghuni kos masih dalam masa kuliah, ia bakal tetap tinggal di rumah kos Anda. Bahkan sejumlah penghuni kos yang telah lulus kuliah memilih buat bekerja di kota tersebut. Otomatis itu bisa menjadi jaminan pendapatan Anda dalam jangka waktu yang lama.

 

3.Pengelolaan Mudah

Menjalankan usaha kos dapat dibilang paling mudah dibanding usaha makanan atau usaha produksi lainnya. Mungkin Anda hanya akan mengalami kerepotan di awal mula merintis bisnis kos, yakni pada ketika mempersiapkan lokasi, bangunan, mulai dari persiapan kamar kos, pembelian perabotan dan perlengkapan elektronik untuk fasilitas, keamanan, serta tindakan promosi kos. Apabila semua persiapan telah dilakukan dengan baik Anda tidak perlu sering dalam mengelola bisnis ini. Anda bias menggunakan pekerja untuk mengelola rumah kos. Pastikan orang tersebut adalah orang kepercayaan Anda agar tidak menimbulkan masalah di waktu yang akan datang. Namun Anda tetap perlu mengunjungi rumah kos untuk memeriksa, menerima uang sewa kos, membayar tagihan – tagihan listrik, air dan gaji asisten pengurus.

 

4.Mendapat Penghasilan Lain

Alasan lain kenapa bisnis kos ialah bisnis yang menguntungkan karena Anda dapat memperoleh penghasilan tambahan lain yang masih berkaitan dengan bisnis kos. Di samping dari uang sewa kos, Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari menyediakan jasa dan barang – barang keperluan penghuni kos. Ada sejumlah jasa yang bisa ditawarkan untuk penghuni kos antara lain laundry dan antar jemput. Anda juga dapat menawarkan barang – barang keperluan sehari-hari seperti pulsa (kuota), air mineral dan mi instan.

 

5.Keuntungan Lebih Tinggi Dibanding Rumah Kontrakan

Pada saat hendak memperoleh penghasilan dari bisnis tanah, terdapat dua opsi utama, yakni melakukan jual – beli tanah ataupun menyewakan bangunan. Untuk mendapat keuntungan yang lebih, salah satu jenis bisnis tanah yang menguntungkan adalah bisnis kos daripada mengontrakkan rumah ataupun ruko. Memang dalam menjalankan bisnis kos sedikit lebih rumit dibanding mengkontrakan rumah / ruko, tetapi penghasilan yang didapatkan juga setimpal dengan pengorbanan yang Anda sudah lakukan. Penghasilan dari menjalankan bisnis kos jauh lebih tinggi dibanding mengkontrakan rumah, karena memang permintaan rumah kos lebih tinggi.

 

  1. Balik Modal Cepat

Meskipun modal awal untuk membangun bisnis kos memang cukup besar, tetapi balik modalnya terbilang cepat. Diperkirakan dalam kurun waktu delapan hingga sepuluh tahun, Anda bisa mendapatkan kembali seluruh modal dan keuntungannya. Untuk itu, jangan takut untuk berbisnis kos karena walaupun modal besar, tapi waktu balik modalnya juga cepat. Pastinya bisnis ini sangat menggiurkan karena dengan cepatnya balik modal menjadikan semakin kecilnya tingkat kerugian.

 

  1. Menambah Relasi

Penghuni kos biasanya adalah orang dari luar kota bahkan luar negeri. Kebanyakan dari mereka adalah mahasiswa ataupun pekerja yang bekerja di kota yang perlu memiliki tempat tinggal. Dengan banyaknya orang dari luar daerah dapat menciptakan hubungan sosial antara pemilik dengan penghuni. Interaksi tersebut bisa menambah pertukaran informasi dan menambah relasi. Akhirnya hubungan tersebut mendukung pluralisme dalam rangka NKRI.

 

Setelah mengetahui keuntungan dalam bisnis kos, Anda pastinya lebih bergairah untuk segera memulainya. Namun sebelum memulai bisnis ini ada baiknya Anda memperhatikan beberapa hal berikut agar bisnis kos dapat berjalan dengan baik dan memberikan keuntungan yang besar.

 

  1. Modal

Sudah bukan rahasia lagi bahwa modal yang diperlukan untuk memulai bisnis kos sangat besar, mulai dari ratusan juta hingga miliaran rupiah. Sebagian besar anggaran untuk memulai bisnis kos masuk ke persiapan lahan dan bangunan rumah kos serta fasilitas yang akan ditawarkan. Namun jangan khawatir, Anda dapat mengunjungi situs bisnistanah.com untuk mendapatkan lahan yang sesuai dengan keinginan Anda. Bisnistanah.com merupakan website yang menawarkan jual – beli tanah harga murah dengan pelayanan cepat dan mudah.  Jadi Anda bisa menggunakan dana secara efisien. Sumber modal untuk memulai bisnis kos bisa berasal dari dana pribadi maupun meminjam dari bank. Apabila Anda memutuskan untuk meminjam dana dari bank, Anda dapat mengajukan KPR kepada pihak bank. Untuk meringankan beban dan memperkecil risiko kerugian, Anda dapat mengajak beberapa orang untuk bergabung di bisnis ini. Ajaklah teman atau keluarga Anda yang juga ingin memulai menjalankan bisnis kos. Apabila Anda menempuh cara ini, usahakan setiap kesepakatan mulai dari modal hingga bagi hasil dituangkan hitam di atas putih. Perjanjian tertulis yang jelas akan mampu mengurangi potensi terjadinya konflik yang dapat merusak hubungan Anda dengan teman atau keluarga.

 

2. Pangsa Pasar dan Lokasi Kost

Anda harus mengenal konsumen atau calon penghuni kos Anda. Sebagian orang berpendapat bahwa pangsa pasar bisnis kos adalah anak kuliahan, sehingga apabila ingin memulai bisnis kos maka harus berinvestasi di sekitar kampus. Persepsi inilah yang menyebabkan harga lahan atau rumah di sekitar kampus naik dengan pesat dan terkadang harganya sudah terlalu tinggi. Dalam mendirikan bisnis kos, Anda juga dapat menarget pangsa pasar yang lain, yaitu pekerja kantoran, karyawan supermarket, perawat di rumah sakit, pekerja konstruksi hingga turis. Hal yang terpenting adalah lokasi kos harus strategis. Cara termudah untuk mengetahui lokasi yang bagus untuk menjalankan bisnis kos adalah dengan memperhatikan apakah di lingkungan tersebut memiliki akses jalan mudah dan terdapat fasilitas penunjang lain seperti café, minimarket, ataupun laundry.

 

3. Fasilitas dan Harga

Pangsa pasar kos yang berbeda memerlukan fasilitas dan harga yang berbeda. Sesuaikan fasilitas dan layanan yang Anda tawarkan dengan calon penghuni kos yang Anda sasar. Fasilitas yang umumnya ditawarkan adalah  tempat tidur, lemari pakaian, meja dan kursi, AC, kamar mandi dalam, pemanas air, televisi dan WiFi. Pastikan pula kos selalu dalam keadaan bersih dan aman. Rumah kos yang bersih dan aman akan membuat penghuni kos betah untuk menyewa kos Anda. Jangan lupa untuk menyesuaikan harga dengan fasilitas dan termin pembayaran berdasarkan target penghuni kos. Selain itu, lihatlah pesaing Anda, agar bisa memberikan harga yang kompetitif. Pada umumnya termin untuk kos dengan pangsa pasar mahasiswa dan karyawan adalah dengan sistem bulanan, namun Anda juga dapat menawarkan jangka waktu per tiga bulan, enam bulan atau tahunan dengan potongan harga tertentu. Sedangkan pada kos dengan pangsa pasar yang lain membutuhkan masa sewa lebih singkat seperti keluarga pasien dan turis Anda dapat mengajukan sistem harian dan mingguan.

 

4. Berikan Fasilitas Tambahan

Selain fasilitas personal yang bisa dipesan oleh penghuni kos, Anda perlu memiliki fasilitas umum untuk penunjang bisnis kos. Fasilitas semacam akses jalan mudah, lahan parkir luas, dapur, ataupun tempat binatang peliharaan bisa menjadi nilai lebih rumah kos. Hal ini akan membantu Anda memenangkan persaingan pasar. Tanpa adanya fasilitas tambahan, Anda akan sulit menarik calon penghuni kos.

 

5. Pengelolaan

Pengelolaan kos sebenarnya cukup mudah sehingga dapat dilakukan sendiri.  Namun apabila Anda terlalu sibuk dengan pekerjaan atau jumlah kamar kos terlalu banyak, ada baiknya untuk menyerahkan pengelolaan kos kepada orang lain. Pengelola kos bertanggung jawab untuk membersihkan kos, melayani penghuni kos serta menjaga keamanan rumah kos.

 

  1. Promosi

Melakukan promosi sangat penting agar banyak orang yang menyewa kos yang Anda tawarkan, sehingga bisnis kos Anda mampu menghasilkan keuntungan. Hanya memasang papan terima kos saja tidak cukup. Anda harus secara aktif dan kreatif dalam mempromosikan kos. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mempromosikan kos, salah satunya adalah dengan memasang iklan kos di internet, menggunakan aplikasi mamikos, dan menawarkan diskon pada waktu tertentu. Selain itu, Anda juga bisa bekerjasama dengan warga sekitar ataupun penghuni kos yang ada untuk menawarkan kos Anda, apabila mereka dapat mendapat penghuni baru bisa diberikan imbalan berupa komisi.

 

7. Perizinan dan Pajak

Hal terakhir namun tak kalah penting adalah mengenai perizinan dan pajak. Bisnis kos pada  umumnya diatur dalam Peraturan Daerah, sehingga perizinan dan pajak yang berlaku di tiap  daerah berbeda – beda. Di daerah tertentu terdapat batasan jumlah kamar untuk bisnis kos,  sehingga apabila jumlah kamar yang terdapat pada rumah kos lebih dari sekian buah, maka  bangunan tersebut tergolong kategori hotel dan pajak yang dikenakan juga lebih tinggi. Sebelum  mulai berbisnis kos ada baiknya Anda berkonsultasi dengan teman atau keluarga yang telah  menjalankan usaha ini dan kepada pengurus RT/RW setempat.

 

Bisnis kos memang sangat menggiurkan karena potensi keuntungannya yang sangat tinggi. Namun sebelum memutuskan untuk terjun dalam bisnis ini ada baiknya Anda melakukan persiapan yang matang agar nantinya usaha ini tidak mengalami kerugian. Setelah mengetahui informasi mengenai bisnis kos semoga Anda mendapat motivasi untuk memulai bisnis ini. Semoga bisnis Anda bisa lancar dan sukses.

Tinggalkan Balasan