Bagaimana Lokasi Tanah yang Tepat untuk Rumah Makan Anda?

Bisnis kuliner adalah bisnis yang sangat menjanjikan dan takkan pernah mati. Hari demi hari, perkembangan berbagai macam masakan dan jajanan selalu mengalami inovasi. Contohnya, belum lama ini ada tren jajanan seperti es kepal milo, es krim nitrogen, tahu bulat, sate taichan, dan masih banyak lagi. Misalnya saja jenis martabak di Indonesia sangat banyak, mulai dari martabak asin, martabak manis, martabak manis mini, dan lain lain. Para pengusaha itu pun tidak langsung membuka gerai toko yang besar. Biasanya mereka memilih untuk menyewa tempat di depan minimarket. Saat ini, salah satu kuliner yang sedang populer adalah minuman Thai Tea yang tersebar sangat banyak franchise atau waralabanya.

Nah, meskipun ragam bisnis kuliner telah banyak disekitar Anda, itu bukanlah sebuah alasan untuk menyerah. Untuk itu, luangkan sedikit waktu Anda untuk melakukan survei atau riset kecil mengenai bisnis yang telah ada. Dengan sebuah survei atau riset kecil yang Anda lakukan, Anda akan mengetahui seperti apakah masakan, jajanan, es atau minuman yang sedang menjadi tren dan populer di sekitar Anda. Salah satu kunci yang penting untuk dapat bersaing dengan bisnis kuliner yang lainnya adalah menciptakan suatu produk yang belum pernah ada disekitar Anda. Lalu, keunikan produk bisnis kuliner Anda haruslah Anda perlihatkan. Sehingga, produk bisnis kuliner Anda akan memiliki ciri khas tersendiri, spesial, serta menjadi daya tarik para pelanggan Anda.

Lalu, jangan lupa untuk memikirkan tipe dan konsep gerai bisnis kuliner Anda. Di Indonesia, ada beberapa konsep sebuah tempat kuliner seperti kedai, cafe, bistro, rumah makan, restoran, dan lainnya. Selain berfokus pada produk dan konsep bisnis kuliner, Anda juga harus memikirkan target pasar dari produk bisnis kuliner Anda. Anda bisa menargetkan anak-anak sampai usia orang dewasa untuk menjadi target pasar Anda. Baiknya, jika Anda membuat menu makanan atau minuman untuk anak-anak, buatlah juga menu makanan untuk orang dewasa. Jadi, target pasar Anda akan bervariasi, akan memiliki banyak pembeli, dan juga tidak terlalu spesifik.

Di Indonesia, bisnis kuliner yang sangat populer dan sangat diminati oleh semua orang adalah rumah makan. Contohnya saja, rumah makan padang, warteg (warung tegal), dan lain-lain. Sebelum Anda memulai sebuah bisnis kuliner, baiknya Anda perlu mengetahui bahwa Anda tidak bisa membangun sebuah rumah makan di sembarang lokasi. Karena, lokasi rumah makan akan mempengaruhi perkembangan bisnis kuliner Anda. Mungkin Anda bertanya-tanya, bagaimana sih lokasi tanah yang cocok untuk dibangun sebuah rumah makan? Yuk kita simak beberapa kriterianya dibawah ini!

  1. Utamakan akses menuju rumah makan Anda

Mungkin Anda selalu bertanya-tanya, mengapa sebagian rumah makan ternama sering berada di pinggir jalan raya ataupun di jalan tol. Alasannya adalah untuk memudahkan para pelanggan untuk datang ke rumah makan Anda. Pelanggan juga akan sering berkunjung kembali ke rumah makan Anda. Selain itu, para pengemudi juga akan dengan mudah untuk menjangkau rumah makan Anda tanpa harus terjebak macet ataupun putar balik. Jadi, selalu pastikan bahwa lahan yang Anda beli memiliki akses yang mudah dijangkau, ya!

  1. Mudah untuk dilihat atau eye-catching

Rumah makan yang desainnya menarik perhatian para pelanggan dan mudah dilihat dari jalanan sangatlah penting. Orang-orang yang melewati depan rumah makan Anda seolah bertanya-tanya, “Rumah makan apa sih itu?”. Maka, inilah alasannya mengapa visibilitas suatu lokasi sangat penting. Pilihlah lahan untuk rumah makan Anda yang sekiranya dapat terlihat dengan mudah.

  1. Berdekatan dengan tempat umum

Jika rumah makan Anda berada di dekat tempat-tempat umum, hal itu akan menjadi nilai plus untuk bisnis kuliner Anda. Biasanya, sebuah rumah makan akan ramai dikunjungi oleh orang-orang yang aktifitas sehari-harinya saling berdekatan. Sebagai contoh, pilihlah lahan untuk sebuah rumah makan yang terletak di sekitaran sekolah, kampus, tempat ibadah, dan gedung perkantoran. 

  1. Luas lahan yang akan digunakan

Ketika akan membangun sebuah rumah makan, tentu saja Anda juga harus memperhitungkan aspek-aspek yang ada. Salah satunya adalah lahan yang digunakan untuk membangun rumah makan milik Anda. Lahan tersebut haruslah mampu menampung banyaknya pelanggan yang ingin singgah untuk makan di rumah makan Anda. 

Lalu, pikirkan juga tentang tempat untuk parkir kendaraan yang tidak terlalu jauh dari rumah makan Anda. Tentunya, seorang pelanggan menginginkan rumah makan yang memiliki lahan parkir memadai untuk memarkirkan kendaraan yang mereka bawa. Anda harus menyisihkan lahan yang cukup untuk dijadikan tempat parkir. Tidak mungkin kan, jika pelanggan Anda harus berjalan kaki jauh untuk sampai ke restoran Anda? 

Selain itu, ada juga beberapa rumah makan yang memberikan fasilitas tambahan, yaitu tempat ibadah. Hal ini merupakan sebuah nilai tambahan bagi seorang pelanggan karena mampu memenuhi kebutuhan pelanggan untuk beribadah selagi berkunjung ke rumah makan Anda. Hal tersebut tentunya memerlukan tanah yang lebih pula. Oleh karena itu, memilih tanah yang luasnya sesuai dengan rumah makan Anda haruslah benar-benar dijadikan bahan pertimbangan.

Nah, hal-hal itulah yang harus Anda pikirkan terlebih dahulu dalam memilih lokasi tanah untuk bisnis kuliner rumah makan Anda. Pastikan lokasi tanah yang ingin Anda bangun menjadi sebuah rumah makan memenuhi kriteria-kriteria diatas untuk kelancaran bisnis kuliner rumah makan Anda di kemudian hari.

Setelah mengetahui kriteria lokasi tanah yang cocok untuk dibangun sebuah rumah makan, inilah beberapa manfaat yang bisa didapat dari bisnis kuliner.

  1. Mendapatkan keuntungan dengan cepat dan berlipat

Seperti yang Anda ketahui, makanan adalah salah satu kebutuhan primer manusia yang dibutuhkan setiap hari untuk kelangsungan hidup. Jadi, manusia tidak mungkin tidak membutuhkan makanan. Jika bisnis kuliner Anda buka setiap hari, maka Anda akan mendapatkan keuntungan juga setiap harinya. Memiliki bisnis kuliner tidak harus memerlukan modal yang besar karena masih banyak masyarakat yang suka dengan kuliner harga ekonomis.

  1. Mudah dikenali oleh masyarakat

Agar dikenali oleh masyarakat, Anda patut mencoba memasarkan produk bisnis kuliner Anda di beberapa objek wisata di sekitar Anda. Karena, saat berada di sebuah objek wisata para wisatawan domestik maupun asing tidak hanya menikmati keindahan alam tetapi juga untuk mencari wisata kuliner. Sebuah bisnis kuliner akan menguntungkan Anda jika produk Anda telah dikenali oleh masyarakat atau cukup familiar.

  1. Membuka Peluang Lapangan Pekerja

Nah ini nih yang berdampak positif bagi masyarakat di sekitar Anda. Dengan membuka sebuah bisnis kuliner, Anda dapat membantu masyarakat yang membutuhkan pekerjaan dan tentunya angka pengangguran di Indonesia akan menurun. Sehingga, bisnis kuliner dan para karyawan Anda akan sama-sama menguntungkan. 

Seperti yang telah dijelaskan, ternyata lokasi tanah juga akan berpengaruh pada perkembangan bisnis kuliner rumah makan Anda. Sehingga, selalu utamakan akses menuju rumah makan demi para pelanggan dan juga perhatikan luas tanah yang akan digunakan. Lalu, Anda juga perlu mencoba memasarkan produk bisnis kuliner Anda di objek wisata di sekitar Anda agar semakin dikenal masyarakat dekat dan juga mendapatkan keuntungan yang cepat dan berlipat.

Tinggalkan Balasan