Kelebihan dan Kekurangan Investasi Tanah

28 views
banner 468x60

Kelebihan dan Kekurangan Investasi Tanah

Jika anda ingin investasi tanah, ada baiknya anda perhatikan kelebihan dan kekurangan dalam investasi tanah sehingga anda dapat mengambil keputusan dengan benar.

- Kelebihan Investasi Tanah

1. Kenaikan Keuntungan yang Tinggi

Keuntungan Bisnis

Jika tanah tersebut berada di daerah berkembang dalam artian dengan akses dan infrastruktur yang terus dibangun, bisa jadi kenaikan untung (gain) beberapa tahun ke depan bisa mencapai 100 - 200% . Namun sebaliknya, jika tanah itu berada di daerah yang kurang berkembang atau akses jalan dan infrastruktur kurang memadahi , maka bisa jadi kenaikan untung (gain) tidak mencapai angka pada umumnya.

 

 

2. Memiliki Nilai tambah

Tanah yang cukup luas, dapat anda gandakan berkali-kali lipat untuk berinvestasi tanah.

Lalu bagaimana Caranya?

Anda dapat membuat atau memilih perumahan dengan sistem klaster. Dengan begitu, otomatis harga tanah yang anda miliki akan menjadi lebih mahal, dan tentunya keuntungan yang anda raih dapat berbuah karena anda bisa menjual beberapa rumah. Tapi tetap, akses infrastrukur tetap harus diperhatikan agar klaster yang kamu jual laku.

 

3. Minim Biaya Perawatan

Perawatan tanah kosong tentu tidak terlalu menguras kocek ketimbang properti lainnya seperti rumah, apartemen, ruko dan kantor. Kalau properti yang sudah dilengkap bangunan, tentu ada biaya dan perawatan khusus yang harus dikeluarkan setiap tahunnya.

 

 

4. Dapat dibuat Bisnis Lain

Lokasi tanah juga berperan penting bagi memulai bisnis lain untuk investasi tanah. Jika tanah dekat wilayah sekolahan atau tempat kerja, maka anda dapat membuat lahan kosong dari tanah anda menjadi lahan parkir. Jika tanah anda cocok untuk dipakai berkebun, maka anda dapat membuat lahan kosong dari tanah anda menjadi daerah perkebunan. Sehingga nantinya tanah yang anda miliki memperolah banyak kelebihan atau keuntungan dari berinvestasi tanah.

 

- Kekurangan Investasi Tanah

1. Minim Pemasukan

Tanah yang dibiarkan kosong selama bertahun - tahun, tentunya tidak akan menghasilkan pemasukan bagi sang pemilik tanah. Untuk menghindari hal itu, maka lebih baik anda membuka bisnis penyewaan tanah saja, jika kamu seorang investor, maka penghasilan atau pemasukan yang akan kamu terima akan sangat kecil. Hal ini bisa anda siasati dengan membangun bangunan seperti ruko atau rusun atau kos-kosan sehingga kamu dapat mendapatkan penghasilan atau pemasukan yang lumayan.

 

 

 

2. Sifat Likuid Kecil

Berbeda hal dengan emas, yang dapat dicairkan ke bentuk uang dengan cepat, proses pencairan tanah tentu memerlukan proses dan waktu. Karena itu, jika kamu butuh uang buru-buru, investasi tanah tentu kurang menolong.

3. Biaya Perawatan Melonjak

Tanah yang tidak diperuntukkan untuk apa-apa, maka akan membuat anda merogoh kocek yang mahal untuk biaya Pajak, biaya perawatan, penjagaan dan jika anda lalai membayar dan memperhatikan, bisa jadi patok tanah akan dikurangi oleh orang lain. Atau bisa jadi juga tanah kamu akan disalahgunakan oleh pihak lain.

 

 

 

 

4. Modal Besar

Jika anda ingin membeli tanah di daerah yang bagus, dalam artian di kota atau dekat kota, tentu kamu memerlukan biaya yang besar untuk membelinya.

source : https://www.99.co/blog/indonesia/kelebihan-dan-kekurangan-investasi-tanah/

Email Autoresponder indonesia
author